Pengaruh komunikasi interpersonal pustakawan terhadap persepsi kesetaraan Layanan di perpustakaan universitas indonesia
Suditi Jane Rima - Personal Name
Okta reni azrina ra - Personal Name

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi komunikasi
interpersonal pustakawan—keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap
positif—terhadap persepsi kesetaraan layanan perpustakaan. Data diperoleh
dari 100 responden dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan
bantuan SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh dimensi
komunikasi interpersonal dan kesetaraan layanan berada pada kategori tinggi
dengan nilai rata-rata di atas 3 dari skala 1–4. Uji statistik menunjukkan bahwa
keterbukaan, empati, dan sikap positif berpengaruh signifikan terhadap
persepsi kesetaraan layanan, sedangkan dukungan tidak memberikan pengaruh
signifikan secara statistik. Secara simultan, kelima dimensi komunikasi
interpersonal berkontribusi sebesar 62,7% terhadap variasi persepsi kesetaraan
layanan. Temuan ini menguatkan teori komunikasi interpersonal DeVito,
khususnya dalam menekankan pentingnya keterbukaan dan empati dalam
meningkatkan kualitas layanan perpustakaan yang adil dan setara. Implikasi
praktis dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan
keterampilan komunikasi interpersonal pustakawan melalui pelatihan
komprehensif yang fokus pada keterbukaan, empati, dan sikap positif untuk
memperkuat kesetaraan layanan perpustakaan.
interpersonal pustakawan—keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap
positif—terhadap persepsi kesetaraan layanan perpustakaan. Data diperoleh
dari 100 responden dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan
bantuan SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh dimensi
komunikasi interpersonal dan kesetaraan layanan berada pada kategori tinggi
dengan nilai rata-rata di atas 3 dari skala 1–4. Uji statistik menunjukkan bahwa
keterbukaan, empati, dan sikap positif berpengaruh signifikan terhadap
persepsi kesetaraan layanan, sedangkan dukungan tidak memberikan pengaruh
signifikan secara statistik. Secara simultan, kelima dimensi komunikasi
interpersonal berkontribusi sebesar 62,7% terhadap variasi persepsi kesetaraan
layanan. Temuan ini menguatkan teori komunikasi interpersonal DeVito,
khususnya dalam menekankan pentingnya keterbukaan dan empati dalam
meningkatkan kualitas layanan perpustakaan yang adil dan setara. Implikasi
praktis dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan
keterampilan komunikasi interpersonal pustakawan melalui pelatihan
komprehensif yang fokus pada keterbukaan, empati, dan sikap positif untuk
memperkuat kesetaraan layanan perpustakaan.
Ketersediaan
SP25003 | SKR IPI 25003 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 25003
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Suditi Jane Rima
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas