Tahlilul Akhto'ish Shoutiyati Fi Qiraatin Nashshil Arabii Ladaa Talaamiidzish Shoffis Saadisi Bi Madrasati "Salafiyah" Al-Islaamiyati Al-Ibtidaaiyati Fi Bangilan - Tuban
Nur Ummi Syarifah - Personal Name
Muhammad Anas - Personal Name

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan fonologis dalam pengucapan teks
bahasa Arab di kalangan murid Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bangilan - Tuban. Pendekatan yang
digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memaparkan
seluruh hasil kesalahan fonologis dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
Salafiyah Bangilan - Tuban. Teks kalimat yang digunakan sebagai sampel diambil dari buku
bahasa Arab yang dipelajari di Madrasah Ibtidaiyah “Salafiyah”. Berdasarkan kesimpulan yang
diperoleh dari analisis yang telah dilakukan ialah terdapat 299 kesalahan dalam makhorijul huruf
dan sifat-sifat huruf dari 81 kata, yakni huruf Ta (ت ( 3 kali kesalahan, huruf Tsa (ث ( 32 kali
kesalahan, huruf Jim ( ج ( 1 kali kesalahan, huruf Ha (ح ( 1 kali kesalahan, huruf Kho (خ (32 kali
kesalahan, huruf Dal (د ( 1 kali kesalahan, huruf Dzal (ذ ( 6 kali kesalahan, huruf Ra (ر ( 2 kali
kesalahan, huruf Sa (س ( 1 kali kesalahan, huruf Sya (ش ( 33 kali kesalahan, huruf Shod (ص ( 13
kali kesalahan, huruf Dhod (ض ( 33 kali kesalahan, huruf Tho (ط ( 4 kali kesalahan, huruf ( ظ ( 31
kali kesalahan, huruf 'Ain (ع ( 77 kali kesalahan, huruf Ghoin (غ ( 1 kali kesalahan, huruf Fa (ف (
5 kali kesalahan, huruf Qof (ق ( 14 kali kesalahan, huruf Kaf ( ك ( 3 kali kesalahan, huruf Lam (ل (
4 kali kesalahan, huruf Mim (م ( 1 kali kesalahan, huruf Ha (ه ( 1 kali kesalahan. Diantara sebab
yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam membaca teks bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
“Salafiyah” karena ketidakmampuan siswa menerapkan makhorijul huruf dan sifat-sifatnya, serta
penguasaian bahasa pertama, hal ini terjadi karena adanya perubahan pengucapan kata-kata
konsonan Arab yang tidak ada dalam bahasa Indonesia, dan pergeseran jalur bunyi yang lebih
dekat dan mudah, serta terdapatnya kesalahan dalam pengucapan, sehingga menyebabkan banyak
perbedaan kata dalam tata bahasa Arab dan dalam mengubah arti dan kalimatnya.
bahasa Arab di kalangan murid Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bangilan - Tuban. Pendekatan yang
digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memaparkan
seluruh hasil kesalahan fonologis dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
Salafiyah Bangilan - Tuban. Teks kalimat yang digunakan sebagai sampel diambil dari buku
bahasa Arab yang dipelajari di Madrasah Ibtidaiyah “Salafiyah”. Berdasarkan kesimpulan yang
diperoleh dari analisis yang telah dilakukan ialah terdapat 299 kesalahan dalam makhorijul huruf
dan sifat-sifat huruf dari 81 kata, yakni huruf Ta (ت ( 3 kali kesalahan, huruf Tsa (ث ( 32 kali
kesalahan, huruf Jim ( ج ( 1 kali kesalahan, huruf Ha (ح ( 1 kali kesalahan, huruf Kho (خ (32 kali
kesalahan, huruf Dal (د ( 1 kali kesalahan, huruf Dzal (ذ ( 6 kali kesalahan, huruf Ra (ر ( 2 kali
kesalahan, huruf Sa (س ( 1 kali kesalahan, huruf Sya (ش ( 33 kali kesalahan, huruf Shod (ص ( 13
kali kesalahan, huruf Dhod (ض ( 33 kali kesalahan, huruf Tho (ط ( 4 kali kesalahan, huruf ( ظ ( 31
kali kesalahan, huruf 'Ain (ع ( 77 kali kesalahan, huruf Ghoin (غ ( 1 kali kesalahan, huruf Fa (ف (
5 kali kesalahan, huruf Qof (ق ( 14 kali kesalahan, huruf Kaf ( ك ( 3 kali kesalahan, huruf Lam (ل (
4 kali kesalahan, huruf Mim (م ( 1 kali kesalahan, huruf Ha (ه ( 1 kali kesalahan. Diantara sebab
yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam membaca teks bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
“Salafiyah” karena ketidakmampuan siswa menerapkan makhorijul huruf dan sifat-sifatnya, serta
penguasaian bahasa pertama, hal ini terjadi karena adanya perubahan pengucapan kata-kata
konsonan Arab yang tidak ada dalam bahasa Indonesia, dan pergeseran jalur bunyi yang lebih
dekat dan mudah, serta terdapatnya kesalahan dalam pengucapan, sehingga menyebabkan banyak
perbedaan kata dalam tata bahasa Arab dan dalam mengubah arti dan kalimatnya.
Ketersediaan
SA24015 | SKR BSA 24015 | Perpustakaan FAH (Skripsi BSA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR BSA 24015
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Analisis Kesalahan fonologi
Makhorijul Huruf dan Sifat-sifat Huruf
Madrasah Ibtidaiyah “Salafiyah” Bangilan-Tuban
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nur Ummi Syarifah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas